Cara Menambah Preset Lightroom Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan beberapa preset lightroom yang bisa di download, dan itu baru beberapa, masih banyak preset lainnya yang insha Allah akan saya bagikan. Jadi sering - sering ya main ke blog saya...hehe.

Mungkin teman - teman bertanya - tanya bagaimana cara memasang preset lightroom tersebut. Sip... pada postingan ini saya akan memberi tahu bagaimana cara memasangnya.

Alat yang diperlukan tentunya aplikasi lightroom yang bisa langsung di download di playstore.
Dan berikut adalah langkah - langkah yang harus dilakukan:


Cara Download Preset

1. Silahkan kunjungi postingan saya sebelumnya yang berjudul Download Kumpulan Preset Lightroom Android (Bagian 1)















2. Pilih preset yang ingin di download, disini saya mencontohkan mendownload hermavvanpreset_003. Klik DOWNLOAD PRESET.
Oh iya kali ini saya menggunakan Opera Mini untuk mendownload presetnya, tidak ada keharusan untuk menggunakan Opera Mini, teman - teman bisa menggunakan aplikasi browser yang biasa digunakan



3. Lalu klik download atau ikon panah kebawah



4. Akan muncul popup seperti pada gambar dibawah, lalu klik unduh. Tunggu proses unduhan sampai selesai, saya pastikan tidak akan lama karena besar filenya kurang dari 10KB



5. Untuk melihat daftar unduhan bisa klik tanda strip tiga di pojok kiri atas (lihat gambar diatas) lalu pilih unduhan



6. Dan inilah daftar unduhannya. Presetnya sudah berhasil di download



7. Untuk memastikan presetnya sudah tersimpan atau belum teman - teman bisa melihatnya di folder download di penyimpanan internal






Proses download sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah memasang preset.






Cara Memasang Preset

1. Klik dan tahan file preset yang sudah di download sampai muncul pilihan seperti pada gambar dibawah, lalu pilih pindahkan



2. Pilih penyimpanan internal
    Jika "Gunakan Kartu SD" tidak diaktifkan






*pilihan ini ada di aplikasi Lightroom



    Pilih penyimpanan eksternal,
    Jika "Gunakan Kartu SD" diaktifkan




    *NOTE: Selalu gunakan aplikasi Lightroom versi terbaru


3. Pilih folder android



4. Pilih folder data



5. Pilih folder com.adobe.lrmobile



6. Pilih folder file



7. Pilih folder carouselDocuments



8. Pilih folder yang saya lingkari. 
Perlu teman - teman ketahui folder ini namanya akan berbeda di tiap perangkat, jadi di smartphone saya dengan smartphone teman - teman namanya tidak akan sama



9. Pilih foler Profiles



10. Pilih folder Settings



11. Pilih folder UserStyles



12. Lalu pilih oke.





Pemasangan preset sudah selesai dan langkah terakhir yaitu menerapkan preset pada foto.






Cara Menggunakan Preset

1. Buka aplikasi lightroom.
    Karena saya sebelumnya sudah membuka aplikasi lightroom jadi saya tinggal masuk ke            task manager lalu pilih lightroom



2. Pilih All Photos



3. Lalu pilih foto. Kalau belum ada foto silahkan tambahkan terlebih dahulu. Disini saya akan      pilih foto perahu



4. Geser deretan menu dibagian bawah ke kiri sampai ketemu menu preset, lalu pilih preset



5. Tampilannya akan seperti pada gambar dibawah. Klik tanda panah kebawah



6. Akan muncul beberapa folder yang berisikan preset termasuk preset yang sudah dipasang tadi. Preset yang sudah dipasang tadi ada di folder Hermavvan Preset. Kalau folder Hermavvan Preset tidak ada coba tutup dulu aplikasi lightroom



7. Pilih tombol task manager yang ada disebelah tombol home, lalu close



8. Buka kembali aplikasi lightroom lalu ikuti langkah 2 - 6. Nah sekarang folder Hermvvan Preset sudah ada, lalu buka



9. Dan ini dia preset yang sudah kita download. Lalu klik presetnya



10. Lihat perubahan warna pada foto. Lalu klik tanda centang




Pemasangan preset sudah selesai, teman - teman bisa langsung share fotonya ke sosial media atau disimpan ke galeri.

Untuk preset yang lainnya bisa DOWNLOAD DISINI. Semoga postingan ini bermanfaat untuk teman - teman semuanya. Kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar!




5 Responses to "Cara Menambah Preset Lightroom Android Tanpa Aplikasi Tambahan"

  1. Di hp aku step 9 GK ada menu profiles nya.jadi gk bisa masuk preset nya di app lightroomnya. Info donk please..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buat foldernya secara manual dengan nama dan penulisan yg sama

      Delete
  2. semua langkah sudah diikuti dan folder prset di lightroomnya tidak muncul

    ReplyDelete
  3. Jadi bang.. Maksi bang.. Luar biasa.. Klo bisa tambah lagi dong presetnya..

    ReplyDelete

Popular Posts